Akademi

Metrologi dan Instrumentasi



Hubungi kami +62 813 5500 0872

PENGUMUMAN NOMOR 253/SJ-DAG.10/AKMET/PENG/06/2021 TENTANG PENGUMUMAN PELAKSANAAN TES KEMAMPUAN AKADEMIK (TKA) PENERIMAAAN MAHASISWA BARU (PMB) AKADEMI METROLOGI DAN INSTRUMENTASI KEMENTERIAN PERDAGANGAN TAHUN 2021

Oleh: Admin | Dibuat tanggal: 24 Jan 2023

Berdasarkan Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Tahun 2021 dengan ini diumumkan bahwa pendaftar yang sudah mengirimkan Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Tes Online dan berhak mengikuti TKA sebanyak 714 orang, 40 orang dari Jalur Kerjasama (daftar nama sebagaimana lampiran 1) dan 674 orang dari Jalur Umum (daftar nama sebagaimana lampiran 2).

 

TKA akan diselenggarakan pada:

 

Hari/Tanggal   : Kamis/17 Juni 2021

Waktu              : 08.00 s.d. 12.00 WIB

Materi              :

 

Matematika

:

08.00 – 09.30 WIB

Fisika

:

09.30 – 11.00 WIB

Pengetahuan Umum

:

11.00 – 12.00 WIB

 

Adapun syarat dan ketentuan TKA online yang harus diperhatikan dan dijadikan pedoman oleh peserta tes adalah sebagai berikut :

  1. Peserta tes akan mendapatkan email yang berisi undangan dari PT Talenta Unggul Indonesia (no-reply@talentics.id) untuk mengikuti tes online. Email akan diterima paling lambat Senin, 14 Juni 2021 (3 hari sebelum pelaksanaan tes). Peserta dapat mengecek email di inbox, spam, promotions atau folder lainnya. Apabila sampai hari Selasa,                    15 Juni 2021, peserta belum menerima email maka dapat menghubungi panitia melalui WhatsApp di nomor 081355000872 atau email d3mi@akmet.ac.id.
  2. serta tes mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang tertera di undangan.
  3. Peserta tes diharapkan sudah menyelesaikan tes sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Tidak ada dispensasi perpanjangan waktu tes.
  4. Waktu pengerjaan adalah waktu total. Apabila peserta tes tidak selesai saat waktu pengerjaan sudah habis, maka sistem secara otomatis akan mengakhiri tes.
  5. Peserta tes wajib memastikan memasukkan data diri sesuai dengan KTP.
  6. Peserta tes wajib mengikuti tes menggunakan Personal Computer (PC)/Laptop/Smartphone dengan kamera fungsional (webcam) dan kondisi baterai yang baik, serta mengakses tes menggunakan browser Google Chrome.
  7. Peserta tes harus memastikan koneksi internet dengan keadaan baik dan stabil (minimum kecepatan 1 Mbps).
  8. Peserta tes harus memastikan webcam selalu menyala dalam melaksanakan tes. Mematikan webcam akan membuat peserta tidak dapat mengakses tes sampai webcam dinyalakan kembali.
  9.  Peserta tes wajib mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.
  10. Peserta tes wajib melaksanakan tes di ruangan yang tidak ramai agar dapat fokus mengerjakan tes.
  11. Peserta tes tidak diperbolehkan melakukan aktivitas lain selama melaksanakan tes.
  12. Peserta tes tidak diperbolehkan membuka tab baru, berpindah ke tab lain, dan membuka aplikasi lain. Peserta juga tidak diperkenankan membuka buku dan menggunakan kalkulator.
  13. Apabila peserta tes mengalami kendala seperti listrik padam, laptop habis baterai, halaman/browser ujian tertutup secara tidak sengaja, atau internet terputus, peserta tes masih dapat membuka kembali tautan yang ada di email dan melanjutkan tes selama masih dalam waktu pengerjaan tes.
  14. Tidak ada tes susulan.
  15. Jika terjadi kegagalan sistem, peserta tes harus melampirkan screenshot atau foto layar penuh (high resolution) tanpa dicrop dengan kronologi yang dialami dan dikirimkan melalui nomor WhatsApp yang tertera di bagian bawah laman tes.
  16. Apabila dari hasil pemantauan kamera terlihat peserta melakukan kecurangan seperti mengerjakan tes dengan dibantu pihak lain, tes dikerjakan oleh pihak lain atau bentuk kecurangan lainnya, maka peserta akan didiskualifikasi dari proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Akmet Tahun 2021.
  17. Peserta menyiapkan kertas kosong dan alat tulis untuk keperluan menghitung.
  18. Permintaan akses kamera pada gawai peserta hanya diperlakukan selama peserta mengerjakan tes. Akses kamera akan otomatis dinonaktifkan setelah peserta menyelesaikan rangkaian tes.
  19. Data pribadi peserta (termasuk hasil potret dari akses kamera gawai peserta selama mengerjakan tes) yang dikumpulkan PT Talenta Unggul Indonesia murni digunakan sebagai alat validasi dalam proses seleksi. PT Talenta Unggul Indonesia sepenuhnya melindungi data pribadi peserta yang tersimpan dalam sistem PT Talenta Unggul Indonesia dari percobaan manipulasi, penyalahgunaan, hingga akses dari pihak yang tidak berwenang dengan sistem keamanan yang terus ditingkatkan.

 

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di website http://akmet.kemendag.go.id

 

Demikian pengumuman ini disampaikan.

 

Pengumuman selengkapnya dapat diunduh disini