Akademi

Metrologi dan Instrumentasi



Hubungi kami +62 813 5500 0872

Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Metrologi TA 2019/2020

Oleh: Admin | Dibuat tanggal: 24 Jan 2023

Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Perdagangan yang dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) saat ini membuka kesempatan bagi putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi.

Semenjak dibuka pada Tahun 2009, program ini telah menjaring pendaftar dari hampir seluruh provinsi di Indonesia. Dengan misi menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang berkualitas untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional dan mampu mengikuti perkembangan mutakhir di bidang metrologi, instrumentasi dan perdagangan, dengan moral dan integritas tinggi, program ini mendidik para mahasiswa untuk mampu menerapkan pengetahuan kemetrologian, memecahkan persoalan dalam praktek-praktek kemetrologian, memanfaatkan teknologi dalam menunjang tugas-tugas kemetrologian, serta mampu mengikuti perkembangan metrologi legal dan teknologi lain yang menunjang tugas-tugas kemetrologian.

Guna menunjang seluruh tujuan tersebut, program ini memberikan beasiswa pendidikan yang merupakan program beasiswa pemerintah menyangkut seluruh biaya pendidikan, sehingga dalam pendaftaran, proses seleksi, hingga proses pendidikan setelah menjadi mahasiswa program Diploma III sampai dengan kelulusan, tidak akan dikenai biaya apapun.

Lulusan-lulusan Akmet ini dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau Dinas Pemerintahan Kabupaten/Kota yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, lulusan dari program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi Akmet ini akan memiliki kesempatan berkarir di industri yang berkaitan dengan bidang keteknikan (engineer).

Untuk Tahun 2019, Akmet akan menerima mahasiswa baru sebanyak 55 orang.

pendaftaran secara online dapat di akses melalui website akmet.kemendag.go.id

Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 dapat didownload disini